Tuesday, August 20, 2013

Menentukan PTN

Di kelas 3 semester 1 ini kita udah di wajibkan untuk mengetahui PTN dan PTS yang diminati beserta tujuannya. Yang namanya bingung, galau, masih mikir, kepikiran tu pasti ada, apalagi Perguruan Tinggi di Indonesia ga cuma ada 11 / 12, tapi banyak, dan juga yang buat makin kepikiran adalah rakyatnya juga banyak, banyak juga yang minat di Perguruan Tinggi Negeri, padahal kapasitas PTN yang diminati ga akan sampe semua siswa SMA bisa dapet PTN yang diminati, ditambah semua siswa kepengennya dapet yang jalur SNMPTN. Jalur yang bisa dibilang, bisa buat semua orang wah lah dan juga bisa buat diri sendiri bangga. 


IPB / Institut Pertanian Bogor, bisa dibilang ini kampus yang diminati banyak orang juga, termasuk gua (@zaynmalik). Banyak jurusan yang gua pengen disini, peternakan, pertanian, kedokteran hewan, komunikasi, Amiin. Gua sebagai pecinta alam dan lingkungan pasti bakal seneng banget masuk Institut ini. Jangan kan gua yang seneng banget sama alam, siswa yang beruntung masuk sini padahal ga nentu sama cita-citanya aja udah seneng banget masuk Institut ini.


UI / Universitas Indonesia, sebelumnya mau sedikit survey aja waktu SD kalau ditanya mau masuk kuliah mana dijawabnya apa ?? "UI" emang ini Universitas namanya juga udah booming banget ditambah kualitas anak-anaknya yang pinter - pinter. Kalau udah SMA ketika di ajukan pilihan, pasti pengen banget banget masuk UI apalagi kalo rezeki mah ga akan di tolak, tapi pasti pada mikir saingannya itu, bayangin aja semua SD di Indonesia kalo ditanya mau masuk mana jawab UI, bayangin berapa banyak siswa yang mau masuk Universitas ini. Tapi bukan berarti kita ga ada harapan buat masuk sini, pasti harapan itu ada ko, tergantung niat usaha dan do'a. Kalo dari gua sendiri, awalnya pas SD kepingin banget kedokteran UI, tapi seiring bertambah umur, gua berubah haluan, gua mau banget banget kalo dikasih Rezeki Amin masuk yang Komunikasi / Psikologi. Selain gua pecinta alam gua juga berkeinginan dan becita-cita sebagai Penyiar radio, gua orangnya pendiem kalo dibanyak orang beneran, tapi kalo udah di radio..... mmm ya gimana ya mantan Penyiar 105.2 FM. hehehe. Terus gua juga mau ngambil psikologi, dari SD seneng banget ngeliat Ka Seto, jadi kepengen aja gitu jadi Psikolog, ga bisa ngejelasin gimana spesifikasi kenapa mau jadi Psikolog, tapi karena hati gua disitu ya pengen aja.


ITB /Institut Teknologi Bandung, jadi ceritanya gini gua seneng banget sama yang namanya ngutak ngatik software hardware, pokoknya yang berhubungan sama komputer, nah semenjak gua tau kalo yang berhubungan dengan komputer gitu yang paling bagus itu di ITB jadi juga berharap - harap masuk sini ngambil yang informatika, dan karena gua juga seneng sama yang namanya bangun - bangun rumah kalo main The Sims atau apa, gua juga pengen banget ngambil Arsitektur kalo dapet rezeki disini. Amiin. Ya tapi gimana... seolah - olah harapan gua itu langsung ngedrop karena ada satu hal, yang ga perlu gua sebut kenapa, gua cuma bisa ngedoa'in temen temen gua yang mau masuk disini, khususnya temen sekolah gua yang pastinya bakal berjuang mati matian buat dapet Institut ini. Seneng rasanya kalo ada anak sekolah gua yang masuk Institut ini. Walaupun nanti gua ga ngambil Institut ini, tapi gua ngerasa bangga aja kalo ada temen gua yang dapet dan jadi mahasiswa di Institut imi.


Unpad / Universitas padjajaran, sekali lagi gua kepingin banget namanya ngambil jurusan Peternakan, emang kayaknya mah ya udah cinta banget banget sama yang namanya ngurusin alam khususnya hewan biarin dah kotor kotoran kalo emang udah cinta banget ya gimana. Dan sama seperti jurusan yang mau gua ambil di PTN yang lain, gua juga mau ngambil komunikasi sama psikologi, ya kalo dapet rezeki disini ya Alhamdulillah Amiin, tapi kalau jalur SNMPTN yang dalem provinsi cuma bisa milih satu dan pilihan kedua itu diluar provinsi, gua yang bertempat tinggal di Jawa Barat ya gua cuma bisa milih 1 PTN JaBar yang gua mau. Tapi pokoknya mah seneng banget kalo udah dapet, udah masuk, udah jadi mahasiswa.

Nah, keempat empat PTN tadi yang gua (@zaynmalik) pengen banget banget seiring gua bertambah dewasa, seiring minat dan hobi gua, semoga apa yang gua tulis bakal jadi doa buat gua sendiri sama temen temen satu sekolah gua. Karena kalo kita dapet PTN yang kita mau ga akan cuma kita yang bangga, tapi saudara, sekolah khususnya cita -cita kita dari lahir yaitu Banggain orang tua, pasti semua orang kepengen banggain orang tuanya, buat orang tuanya punya cerita baik buat disebarin ke tetangga, saudara, temen, dll. Dan buat sekolah, adek adek kelas kita bakal yang dapet kena untung kalo kita masuk PTN yang kita mau itu, berarti kita udah ngebuka gerbang buat mereka buat masuk di PTN itu. Semoga yang baca blog ini dapet masukan dan manfaat buat kalian, khususnya yang bakal nyari PTN yang dimau, semoga kita semua masuk PTN yang kita inginkan, semoga bisa buat orang tua kita bangga, semoga ini Jalan baik yang dikasih Allah, semoga cita - cita kita bisa bermanfaat buat orang lain juga. Amiin.

0 comments:

Post a Comment