Saturday, October 4, 2014

Ciri perkembangan TIK dan penjelasannya

IT 1 AeU/19/Satria Akbar Nugroho/2/Ciri perkembangan TIK

Ciri – ciri perkembangan TIK :


1.     Konvergensi
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik (Arismunandar,2006:1).konvergensi media berarti penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK).


2.     Miniaturisasi
Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini.

3.    Embedded
Komputer yang berfungsi sebagai unit control yang membutuhkan pengendalian otomatis. Contoh penggunaan computer ini adalah Telepon, videotape recorder, AC, Robot, pengendali gerakan pesawat, dsb.

4.     On Demand
Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet. Contoh layanan internet dial on demand adalah : Telkomnet instant dari Telkom, layanan-layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local.

5.    Grid
Kemudian, pada April 2008 melalui Global Grid Forum dalam ‘Red Button Day’, muncullah satu konsep yang merupakan evolusi terbaru internet yaitu Grid atau Internet2. Konsep Grid sebenarnya dibawa dari komputer terdistribusi yaitu konsep untuk mengkoneksikan superkomputer menjadi metakomputer. Kata Grid diambil dari Electricity Grid (jaringan listrik) yaitu alat elektronik dicolokkan ke jala tersebut (grid), akan memperoleh resource yang sama dengan mengabaikan dari mana resource tersebut berasal.

6.    Intelligent
Kecerdasan Buatan atau Intelegensi Artifisial  didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

7.     Wireless Internetworking
Internetworking adalah proses untuk menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan komputer yang lain. Proses untuk menghubungkan suatu jaringan komputer dengan jaringan kompute yang lain memerlukan alat yang namanya Router. Setiap LAN terkadang memiliki router sebagai gateway yang menghubungkan LAN ke jaringan lain. Di dalam LAN biasanya terdapat satu atau lebih hub atau switch yang menghubungkan perangkat akhir (end device) ke LAN. 7.1 Perangkat Internetwork Router merupakan perangkat dasar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan. Setiap port pada router terhubung ke jaringan yang berbeda dan me-rute-kan paket antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lainnya. Router memiliki kemampuan untuk menghentikan broadcast domain dan collision domain. Router juga dapat digunakan untuk mengkoneksikan jaringan yang menggunakan teknologi yang berbeda, seperti LAN dan WAN.

8.     Open Source
Source adalah perintah-perintah yang digunakan untuk membuat aplikasi. Jadi open source adalah source yang terbuka. Maksudnya bila kita bisa mengetahui source penyusun suatu software maka itu disebut open source. Tapi tidak cukup dengan hanya mengetahui saja tapi jika kita bebas menggunakan, mengembangkan, menyebarluaskan atau menggandakan aplikasi tersebut tanpa harus membayar izin atau lisensi kepada pembuat aplikasinya. Open source software adalah software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kesalahan atau kekurangan pada software tersebut.

9.     Seamless Integration
Integrasi yang terjadi tanpa menimbulkan kesalahan atau komplikasi. Misalnya, jika Anda meng-upgrade program yang lebih tua ke versi baru dengan tidak ada kesalahan yang akan dianggap sebagai integrasi. Untuk pengembang yang ingin integrasi, sering terjadi melibatkan pra-perencanaan dan menciptakan rencana uji mendalam dan mengikuti sebelum program atau produk dilepaskan.

10.   Ubiquitous
Ubiquitous computing adalah paradigma baru yang dibangun agar di kemudian hari, setiap benda yang ada di dunia termasuk manusia itu sendiri menjadi unit-unit yang terintegrasi dalam suatu jaringan besar. Ubiquitous computing akan berupa dunia pasca-PC. Perangkat teknologi umum akan terkoneksi dengan internet dan pengguna mungkin tidak menyadari perangkat mana di lingkungannya yang terkoneksi. Contoh penerapannya adalah, otomatisasi rumah, bangunan, jalanan, bidang farmasi dan kesehatan, bisnis, perbankan, dan keamanan dengan cara membangun network untuk seluruh peralatan elektronik. Tujuan utama dari teknologi ini adalah mengaktifkan segala yang ada di sekitar kita sehingga pekerjaan manusia lebih mudah.


DAFTAR PUSTAKA

Darmawan, 2011. http://www.slideshare.net/dewasa/konsep-dasar-tik . 31 Agustus 2014
Wikipedia, 2013. http://id.wikipedia.org/wiki/Grid_Internet . 31 Agustus 2014
Wikipedia, 2014. http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan . 31 Agustus 2014



0 comments:

Post a Comment