Friday, March 14, 2014

Kura - Kura Ku

Halo, cuma mau sharing pengalaman gua (@zaynmalik) merawat kura - kura selama kurang lebih 8 tahun. Yap, jadi gua mulai beli kura - kura dari kelas 4 SD, yang dimana waktu itu kura - kura gua masih sekecil jari jempol kaki, ya waktu jaman itu, lagi ngetrend - ngetrendnya kura - kura brazil yang kecil banget. Pertama - tama cuma mau bilang, kalo kalian ingin memelihara kura - kura hanya untuk kesenangan tetapi yang merawat adalah orang lain, gua saranin kalian langsung beli kura - kura yang udah dewasa, yang udah gede. Kalo gua sendiri waktu itu belinya pas masih kecil, beli 3. Sebenarnya merawat kura - kura tidaklah susah, apalagi umur kura - kura yang bisa sampai ratusan tahun. Buat kalian yang membelinya dari kecil ini tipsya :

1. Apabila kalian tidak memiliki lahan untuk membuat kolam, kalian bisa menaruhnya di akuarium, tetapi setiap pagi kalian harus membawa kura - kura ke daratan, agar dia bisa berjemur, fungsi berjemur disini untuk membentuk cangkang sang kura - kura agar kuat. Kalau waktu itu gua taruh di baskom pas waktunya berjemur jadi gabisa kabur dianya, karena waktu itu gua belom punya lahan buat kolam.
2. Jangan beri makan kura - kura anakan dengan pelet ! Sebetulnya, itu si pendapat gua, hehehe, tapi kalau kita berpikir dengan logika, apakah bayi manusia sudah bisa langsung memakan nasi ? nah, itu dia kenapa alasannya. Kalau waktu itu gua ngasih makannya pake cacing beku yang di jual di toko - toko, apa engga minta daun talas tetangga buat makanannya, hehehe.
3. Kuras tempat kura - kura paling lama seminggu sekali untuk kolam, kalau untuk akuarium kecil 5 hari sekali. Jangan air sampai keruh dan bau.
Nah, buat kura - kura yang udah dewasa, lebih mudah lagi merawatnya :
1. Kalau kalian ingin kura - kura kalian bertambah besar, kalian bisa memberikannya kolam, dengan daratan, agar mereka bisa berjemur, tidak perlu lebar - lebar, 2x3 m sudah cukup.
2.  Kalian bisa memberinya pelet tiap pagi, jangan terlalu sering, selain bisa membuat air menjadi bau, bisa juga membuat kura - kura jadi pemalas. Mengapa gua bilang pemalas ? Kura - kura jadi gamau bergerak - gerak karena tau makanan bakal dateng dengan sendirinya. Nah, maka dari itu kalian paling tidak selalu menyediakan ikan - ikan kecil di kolam / tempat mereka tinggal, agar kura - kura bisa mengejar mangsanya sendiri.
Mudah bukan ? tidak perlu perawatan kusus seperti kucing, anjing, atau yang lainnya :)

0 comments:

Post a Comment