Friday, October 24, 2014

Perbedaan Web Server dan Web Browser

IT 1 AeU/19/Satria Akbar Nugroho/1/Web Browser dan Web Server
WEB BROWSER
Web browser adalah sebuah software untuk menyajikan informasi di World Wide Web dan berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen yang di sediakan oleh web server.
Contoh web browser :


1.      Internet explorer                                6. Dooble
2.      Mozila Firefox                                     7. NetScape
3.      Google Chrome                                   8. Arora
4.      Mac Safari                                          9. Planet web
5.      NetSurf                                                10. Net Positive
Sejarah web browser :
Pada tahun 1929, tim Berners Lee mengajukan pada perusahaannya, CERN(European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antarpeneliti dengan menggunakan sistem hiperteks. Sebagai hasil atas implementasi proyek ini, tahun 1990 Berners-Lee menulis dua program komputer :
1.                  Sebuah peramban yang dinamainya sebagai WorldWideWeb,
2.                  Web server pertama didunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.
Dari tahun 1991 hingga 1994, kesederhanaan serta evektifitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui Waring Wera Wanua membuat kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operas. Awalnya adalah organisasi penelitian, kemudian berkembang, dan akhirnya digunakan dalam industri bisnis.
Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan- pengembangan lanjut atas teknologi- teknologi terkait lainnya (HTTP,HTML, dan lain-lain) melalui proses Standarisasi.

WEB SERVER
Web server adalah software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima layanan HTTP / HTTPS dari klien dan mengirimkan hasilnya kembali dalam bentuk halaman web.

Contoh web server :
1.      Apache Tomcat
2.      IIS
3.      Lighttpd
4.      Sun Java System Web Server
5.      Xitami Web Server
6.      Zeus Web Server
Sejarah web server :
Web Browser pertama bernama WorldWideWeb yang di ciptakan Tim Benners-Lee, kemudian diubah menjadi nexus. Pada tahun 1993, Marc Andreessen melakukan inovasi web browser dengan membuat Mosaic yang sekarang di kenal dengan Netspace.
Pada tahun 1995, Microsoft menanggapi pembuatan web browser oleh Marc Andreessen tersebut yaitu menciptakan Internet Exproler dan terjadilah perang web browser pertama di industry internet.
Opera memulai pembuatannya pada tahun 1996, walaupun belum pernah mencapai penggunaan secara luas tetapi versi mini Opera yaitu Opera Mini memberikan tambahan karena pengguna web browser di ponsel bertumbuh sangat cepat. Opera Mini terinstall pada lebih dari 40 juta ponsel.
Pada tahun 1998, Netscape meluncurkan yang kemudian menjadi Mozilla Foundation dalam upaya menghasilkan web browser yang kompetitif. Web browser tersebut akhirnya berkembang menjadi Firefox. Apple pun mengeluarkan web browser pada Januari 2003 yaitu Safari.
Pendatang baru di pasar web browser adalah Google Chrome. Pertama kali dirilis pada September 2008. Chrome memiliki popularitas yang meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, peningkatan tersebut berbanding terbalik dengan popularitas Internet Explorer yang cenderung menurun dari bulan ke bulan.

GTLD (Generic Top Level Domain)
Contoh situs yang menggunakan GTLD :
1.      Google.com                                         11. Move.mil
2.      Facebook.com                                     12. Af.mil
3.      Twitter.com                                        13. Defense.gov
4.      Youtube.com                                       14. Whitehouse.gov
5.      Wikipedia.org                                     15. Dotgov.gov
6.      Wordpress.org                                    16. Irs.gov
7.      Dosomething.org                                17. Harvard.edu
8.      Change.org                                         18. Educause.edu
9.      Marines.mil                                        19. Academia.edu
10.  Navy.mil                                              20. Princeton.edu

Sumber :
Institute of Technology, Purwadhika Nusantara, (2013). “Sejarah Web Browser”.  http://www.purwadhikapress.com/sejarah-web-browser.html . 27 Agustus 2014
Anty, Susy, (2013). “Web Server dan Web Browser”.  http://susyafrianty0.blogspot.com/ . 27 Agustus 2014
Azizah, Nur, (2013). “Contoh Web Browser” . http://nurazizah130995.blogspot.com/2013/03/contoh-web-browser-search-engine.html . 27 Agustus 2014
Ramadhan, Adly, (2013).  “Sejarah Web Server”. http://adly310.wordpress.com/2013/03/03/pengertian-dan-sejarah-web-server/ . 27 Agustus 2014
Sofiyanti, Ulfa (2012). “Domain”. http://ulfa16121996.blogspot.com/2012/11/domain-pengertian-domain-domain-adalah.html . 27 Agustus 2014

Nama : Satria Akbar Nugroho
No. Absen : 19
Kelas : IT 1 AeU

0 comments:

Post a Comment